Selasa, 02 April 2013

Trace Route menggunakan Modem GSM (XL)


Untuk tugas kali ini, saya akan mencoba melakukan tracerouter pada windows. Sebelum kita melakukan percobaan, kita harus mengetahui apa itu Traceroute. Tracerouter (tracert) itu sendiri adalah adalah perintah yang dapat menunjukkan jalan (route) yang mengambil paket informasi dari komputer ke salah satu yang telah di tentukan. misalnya jalu dari komputer client ke host yang dituju, maka akan muncul semua daftar router yang di lewati hingga mencapai tujuan, atau yang gagal di lewati. Selain itu, ia akan memberitahu Anda berapa lama waktu yang butuhkan masing-masing ‘hop’ dari router ke router.


Kali ini saya akan mencoba melakukan tracert ke www.kaskus.co.id dengan menggunakan modem GSM (XLAXIATA). Untuk dapat melakukan tracert pertama yang kita lakukan adalah membuka CMD lalu ketikan tracertnamadomain, maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini :


Pada gambar di atas menjelaskan bahwa tracert complete yang artinya berhasil sampai tujuan. Pada tracert kali ini, jumlah hop atau loncatan dari satu route ke route lain berjumlah 17 untuk sampai ke server kaskus.co.id. Pada Hop ke 1-4 merupakan gateway dari modem GSM XLAXIATA yang saya gunakan,  Kemudian pada hops ke 6-8 itu merupakan Route dan IP address dari server  XLAXIATA. Kemudian route belanjut ke hop nomor 9-12. Pada hop kali ini merupakan IP address dari server kaskus.co.id. nah , pada kali ini saya melakukan trace route ke kaskus.co.id dan trace berhasil atau complate. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar